Home » , » Jailbreak dan Unlocking iOS

Jailbreak dan Unlocking iOS

Written By Teknoku Update on Minggu, 08 Januari 2012 | 17.57

Apa itu Jailbreak? 
Jailbreaking iOS (iPhone OS) adalah suatu proses yang memungkinkan perangkat yang menjalankan Apple iOS (seperti iPad, iPhone, iPod Touch) untuk mendapatkan akses penuh (root) untuk membuka semua fitur dari sistem operasi tersebut, sehingga menghilangkan keterbatasan yang ditetapkan oleh Apple. Setelah kondisi di Jailbreak, pengguna iOS dapat mendownload tambahan aplikasi, ekstensi dan theme yang tersedia melalui installer seperti Cydia secara gratis. Device yang di Jailbreak juga masih bisa menggunakan fitur2 standar iOS seperti membuka Apple Store, telpon, dan sebagainya.

Garansi hilang? Device rusak?
Pada intinya, proses Jailbreak akan memberikan hak akses root pada pengguna, sehingga dapat melakukan instalasi aplikasi pihak ketiga (3rd party). Dalam banyak kasus, jailbreaking juga dapat membatalkan garansi perangkat. Namun, proses jailbreaking adalah termasuk modifikasi perangkat lunak pada sistem operasi , sehingga secara cepat dan mudah dapat mengembalikan garansi dengan cara me-restore iOS (mengembalikan kondisi seperti semua).

Jailbreaking legal? 
Di bawah DMCA tahun 2010, jailbreaking adalah legal di Amerika Serikat, meskipun Apple telah mengumumkan bahwa praktek Jailbreak “dapat membatalkan garansi”.

Jailbreak vs Unlock ?
Jailbreaking berbeda dengan unlocking SIM. Proses unlocking adalah membuat agar iPhone bisa menerima SIM card apa saja tanpa batasan, sehingga kita bisa menggunakan SIM card dari provider apapun. Untuk melakukan proses unlocking, iPhone harus di-Jailbreak terlebih dahulu. Proses unlocking biasanya menggunakan aplikasi ultrasn0w dari Cydia.

Share this article :